Category: Artikel Tentang Kesehatan

Makanan Penambah Energi yang Menyehatkan

Makanan Penambah Energi – Banyaknya rutinitas sehari hari sudah dapat dipastikan akan menghabiskan banyak energi. Ketika bekerja seharian akan mengeluarkan banyak energi sehingga tubuh menjadi tidak bertenaga dan merasakan lelah.

Makanan Penambah Energi

Jika anda mengalami tersebut cara terbaik untuk menangani rasa lelah yaitu mengkonsumsi makanan makanan sehat. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis makanan untuk penambah energi.

9 Makanan Penambah Energi dan Stamina yang Menyehatkan

  1. Mengkonsumsi Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu jenis makanan yang efektif untuk menambah energi dan melingi tubuh agar tetap berstamina dalam jangka waktu panjang. Kondisi ini disebakan kacang almond mengandung lemak sehat dan protein nabati yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

  1. Mengkonsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang meningkatkan kesehatan sel-sel saraf dan otak, serta bisa meningkatkan konsentrasi, dan menurunkan gangguan psikologis lainnya yang ditimbulkan akibat kelelahan. Apabila anda susah mendapatkan ikan salmon bisa diganti dengan mengkonsumsi ikan tuna.

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk menambah energi tubuh serta dapat menambah kadar oksigen yang mengalir ke otak, dan bisa menyegarkan tubuh dan lebih bertenaga.

  1. Buah Alpukat

di dalam buah alpukat memiliki kandungan vitamin B kompleks. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mendukung dalam menambahkan energi. Mengkonsumsi alpukat dengan teratur ketika saat beraktivitas dapat menjadikan energi di dalam tubuh akan terlindungi dengan baik hingga di siang hari. Anda dapat mengolahnya menjadi jus dan salad buah.

  1. Mengkonsumsi Jenis-Jenis Buah Berry

Jenis-jenis buah berry seperti raspberry, starwberry dan blueberry sangat bermanfaat untuk menambahkan energi. Buah-buahan ini memiliki kandungan rendah gula tetapi sudah cukup baik untuk meningkatkan energi yang dikeluarkan. Bukan itu saja, buah berry memiliki kandungan kaya akan serat untuk menghindari timbulnya energi menurun. Kandungan antioksidan di dalam buah ini juga cocok untuk kesehatan tubuh dan bisa mencegah kelelahan.

  1. Buah Kurma

Buah kurma juga memiliki kandungan gula yang bisa menambahkan energi tubuh. Buah ini memiliki kandungan serat tinggi dan bisa membantu menyeimbangkan gula darah, sehingga energi tetap dapa terlindungi dalam jangka waktu panjang.

  1. Buah Semangka

Buah segar dan lezat ini terbukti bermanfaat untuk menambah energi. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapa di dalam buah semangka seperti kalium dan vitamin B bisa menambah energi dan melindunginya dalam waktu jangka panjang.

  1. Sayur Brokoli

Sayur brokoli merupakan jenis makanan yang sehat dalam menjaga kadar energi seharian sebab mengandung kromium yang tinggi. Kandungan ini merupakan mineral penting yang dapat mengontrol tubuh dalam menjaga kadar gula darah dan medukung dalam menghindari berkurangnya gula darah yang bisa menimbulkan seseorang mengalami kelelahan.

  1. Mengkonsumsi Gandum

Gandum dapat digunakan sebagai hidangan sarapan pagi yang penting sebab didalamnya memiliki kandungan karbohidrat yang meningkat. Makanan ini merupakan makanan sumber energi yang sangat baik sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti nasi.

Lihat juga tentang Cara Alami mengobati Batuk.

Demikian penjelasan sejumlah jenis makanan sehat yang dapat menambah energi tubuh dan menghindari terjadinya keleahan akut. Maka untuk itu, dibandingkan anda minum minuman berenergi akan menyebabkan dampak yang tidak baik jika dikonsumsi secara terus-menerus, sebaiknya anda lebih memilih mengkonsumsi menu makanan penambah energi sehat di atas.

Cara Alami Mengobati Batuk

Ada banyak sekali cara alami atasi batuk yang bisa anda lakukan. Batuk tidak selamanya harus diatasi dengan obat-obatan tertentu. Batuk bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Bisa karena virus atau alergi terhadap suatu hal. Batuk sendiri memiliki dua jenis yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak disertai dengan dahak atau lendir dari tenggorokan. Biasanya sangat menganggu sekali dan baru terasa lega setelah dahak berhasil dikeluarkan. Tetapi kebanyakan dahak berbentuk terlalu kental. Sedangkan batuk kering tidak disertai dahak, hanya saja akan terasa sangat sakit di tenggorokan. Meskipun terlihat sepele, tentu saja batuk harus segera diatasi.

Mengatasi Batuk dengan Alami

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, mengatasi batuk tidak selalu harus dengan obat-obatan tertentu. Banyak sekali bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Seringkali penggunaan obat-obatan penyembuh batuk menimbulkan efek samping seperti rasa ngantuk yang berlebihan. Tentunya akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari anda. Tetapi penyakit batuk juga tidak dapat dihiraukan begitu saja. Selain tidak baik untuk anda, pastinya penyakit batuk juga akan menganggu orang-orang di sekitar anda. Orang-orang di sekitar anda pun menjadi rentan tertular batuk. Maka dari itu pastinya anda harus segera menemukan cara alami atasi batuk yang efektif.

Cara alami atasi batuk yang telah dilakukan secara turun temurun selama ini adalah dengan menggunakan kecap dan jeruk nipis. Caranya sediakan satu buah jeruk nipis lalu potong menjadi dua bagian. Kemudian peras air jeruk nipis tersebut dan campurkan dengan kecap. Minum campuran jeruk nipis dan kecap sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Bagi anda yang tak suka kecap, anda bisa menggantinya dengan madu. Cara lain adalah dengan menggunakan teh jahe. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah satu jari jahe dengan secangkir teh hangat. Cuci bersih jahe terlebih dahulu, lalu iris-iris dan campur dengan teh yang hangat. Minum teh jahe sebanyak 2 kali sehari hingga batuk sembuh. Baca juga artikel kesehatan tentang Obat Tradisional Stroke yang Ampuh dan Aman

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan adalah belimbing wuluh. Kali ini yang akan digunakan adalah bagian bunganya. Bunga belimbing wuluh sudah terbukti dapat membantu meringankan batuk. Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditiriskan. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum. Untuk batuk berdahak, coba gunakan ramuan jahe dan kencur. Ramuan ini sangat baik terutama bagi anda yang mengalami batuk berdahak. Cara untuk membuat ramuan ini tidak terlalu sulit. Pertama anda harus menyediakan jahe sebanyak 2 jari / secukupya dan kencur secukupnya. Setelah itu iris jahe dan kencur tersebut, baru kemudian direbus dengan air secukupnya. Kemudian saring air rebusan jahe dan kencur tadi, lalu anda minum, minimal 1 hari sekali. Demikianlah cara alami atasi batuk.

Sumber : www.medicalnewstoday.com

Deteksi Dini Infeksi HIV Aids

deteksi dini hiv aids
deteksi dini hiv aids

Mendeteksi dini HIV AIDS – Untuk mendeteksi infeksi virus mematikan ini sangat sulit terlihat ketika masih tahap awal infeksi karena mirip dengan flu dan panas dalam sehingga kita sering salah sangka dan hanya menganggap sebagai penyakit biasa yang dapat disembuhkan dengan minum obat dari apotik saja.

HIV merupakan kependekan dari “Human Immunodeficiency Virus” yang berarti virus perusak sistem kekebalan tubuh yang dapat menjadi penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang merupakan suatu sindroma hilangnya kekebalan tubuh akibat infeksi virus HIV. Sampai saat ini belum ditemukan obat secara paten untuk menyembuhkan infeksi HIV AIDS secara total. Untuk itu sangat penting untuk dilakukan pendeteksian hiv aids sejak dini.

Ketika seseorang terinfeksi maka dapat timbul tanda dan gejala yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Tanda Awal
  • Berat badan menurun.
  • Terjadi sariawan pada alat kelamin dan mulut.
  • Sistem pencernaan terganggu.
  • Membengkaknya kelenjar getah bening pada leher, belakang telinga, ketiak dan pangkal paha.
  • Muncul gejala mirip TBC dengan batuk disertai demam dan berkeringat pada malam hari.
  1. Tanda Lanjutan
  • Indikasi TBC.
  • Paru Paru Basah / Pneumonia.
  • Tubuh tidak bertenaga dan lemah.
  • Muncul ruam kulit.
  • Timbul lebam berwarna biru pada siku / kaki.
  • Berat badan menurun secara drastis.
  • Sulit konsentrasi dan menurunnya kesadaran.

Tips Untuk Mendeteksi HIV Secara Dini dan Akurat

Orang yang terkena infeksi HIV tidak dapat diketahui dengan hanya melihat secara fisik sebab kebanyakan penderita HIV ini terlihat seperti orang sehat umumnya. Jadi langkah yang paling tepat adalah dengan melakukan tes darah yang bertujuan untuk mendeteksi apakah ditemukan antibodi HIV di dalam darah yang dihasilkan tubuh sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap virus HIV.

Jika anda merasa memiliki kemungkinan terinfeksi HIV, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mendeteksi apakah anda terinfeksi HIV:

  • Konsultasikan keluhan anda dengan dokter spesialis yang berpengalaman.
  • Pahami mengenai penyakit HIV AIDS, faktor resiko yang dimiliki, cara penularan infeksi HIV AIDS, intropeksi diri, dan langkah mencegahnya.
  • Jaga kerahasiaan identitas anda saat melakukan pemeriksaan.
  • Tes HIV dapat dilakukan di rumah sakit atau laboratorium kesehatan yang melayani tes HIV sesuai rujukan dari dokter dan mencoba lebih dari satu tempat tes saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan akurat.

Langkah Penghindaran HIV AIDS

Untuk lebih mudah mengingatnya, sebaiknya anda dapat melakukan langkah “ABC” di bawah ini”

  1. Abstain terhadap seks, dengan tidak melakukan seks merupakan cara yang paling aman, khususnya bagi para pelajar dan bagi yang belum menikah.
  2. Be Faithful artinya selalu setia berhubungan dengan pada pasangan yang sudah menikah atau kata lain tidak melakukan seks bebas.
  3. Condom, yaitu dengan menggunakan kondom ketika berhubungan badan untuk mencegah penyakit seksual tidak hanya HIV, namun kondom juga tidak menjamin 100% untuk anda terhindar dari HIV saat berhubungan badan dilakukan tapi setidaknya dapat menurunkan persentasenya.

Bagi penderita HIV AIDS akibat penyalahgunaan obat obatan harus segera menggunakan jarum suntik bekas dan mengikuti program rehabilitasi.

Apakah ada obat untuk penyakit HIV AIDS?

Ya, pertanyaan ini seringkali kita dengan berujung dengan jawaban “belum” untuk menyembuhkan secara total. Saat ini ada obat untuk HIV AIDS namun hanya untuk mengendalikan dan menjaga daya tahan tubuh penderita HIV dengan tujuan memperlambat infeksi virus dan memperpanjang harapan hidup penderitanya dan harus dikonsumsi seumur hidup yaitu obat ARV (Anti Retro Viral) berikut penjelasannya:

  • Obat ARV (Anti Retro Viral) dapat mengendalikan pertumbuhan jumlah HIV dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk memperpanjang usia hidup penderita HIV.
  • Obat ARV tidak dapat menyembuhkan penyakit HIV secara seseluruhan karena obat ini tidak dapat menghilangkan HIV dalam tubuh.
  • Penderita HIV yang mengkonsumsi obat ARV harus secara teratur atau terjadwal pada jam tertentu, setiap hari dan seumur hidup.

Baca artikel terkait seputar obat hiv herbal yang ampuh

Penyakit hiv aids memang penyakit yang tidak dapat disembuhkan pasalnya hingga saat ini belum ada obatan medis yang pasti menyembuhkannya. Untuk itu yang dapat kita lakukan adalah mencegahnya dengan melakukan deteksi dini hiv aids. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sumber : https://www.aids.gov

Beberapa alasan yang dapat menjadikan buah sebagai menu makan siang yang sehat

buah solusi makan siang yang sehat
buah solusi makan siang yang sehat

Banyak orang sulit untuk menentukan menu makan siang apa yang hendak di santab, apalagi jika sedang dalam menjalankan program diet. Jika pada kondisi siang hari anda kebingungan untuk memilih menu makan siang apa, anda dapat mencoba dengan memilih menu makan siang buah. Buah buahan sangat baik untuk kesehatan, dan jangan takut apabila anda tidak kenyang, karena buah dapat membantu mengenyangkan perut anda dan dapat menjadi solusi yang baik bagi menu makan siang anda.

Berikut beberapa alasan yang dapat menjadikan buah sebagai menu makan siang.
• Dapat menurunkan berat badan
Alasan yang pertama mungkin sangat tepat bagi orang yang sedang menjalankan program diet yaitu dapat mengontrol berat badan. Apa bila anda yang merasa berat badan sangat mengganggu penampilan, maka Anda dapat mencobat menurunkan berat badan dengan memilih menu buah buahan pada saat makan siang. Hal ini dapat menjadi suatu kebiasaan atau rutinitas yang baik di siang hari karena buah mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang akan me-refresh otak dan tubuh Anda yang lelah. Anda bisa makan beberapa buah sekaligus atau dapat memberikan sedikit variasi seperti halnya membuat salad dengan menambahkan sedikit mayonaise agar anda tidak bosan dalam menyantabnya.

• Mengontrol nafsu makan
Alasan selanjutnya adalah dapat mengontrol nafsu makan. Ketika cuaca panas di siang, yang paling tepat dan nikmat adalah makan buah segar yang akan memberikan efek kesegaran pada tenggorokan dan perut Anda. Makan siang dengan menu buah buahan akan sangat baik karena selain membuat Anda kenyang, hal ini juga dapat membantu anda dalam mengontrol nafsu makan.

• Solusi tepat untuk waktu makan siang yang mepet
Nah ini mungkin alasan tepat yang dapat menjadikan buah sebagai menu makan siang anda. Di sela sela kesibukan kerja anda, atau pada saat anda sedang dikejar target oleh bos dan makan siang harus dikorbankan, maka Anda dapat mengganti menu makan siang anda dengan buah. Anda bisa makan 2 buah pisang atau apel, atau alpukat dengan cepat sambil melanjutkan pekerjaan anda. Bukan hanya akan membuat kenyang, juga mampu memenuhi energi Anda yang terpakai selama anda bekerja.

Itu lah beberapa alasan mengapa buah dapat dijadikan sebagai menu makan siang. Semoga bermanfaat.

Makanan yang dapat kita konsumsi untuk meningkatkan tenaga pada saat berolah raga

olah raga
olah raga

Seperti yang kita ketahui untuk membentuk otot tubuh tidak hanya dengan ngegym saja, namun juga memerlukan asupan makanan yang mengandung protein yang tinggi. Sama hal nya dengan ber olahraga guna mendapatkan dan menjaga kesehatan. Untuk menunjang dan memaksimalkan hasil dari olahraga tersebut perlu mengkonsumsi makanan yang bisa mendukung kinerja otot dan menyuplai energi dengan baik. Tentunya pasti membutuhkan energi tambahan agar olah raga yang kita lakukan dapat dengan maksimal.

berikut beberapa makanan yang dapat menunjang olah raga
• Pisang
Makanan yang pertama adalah buah pisang. Setiap atlit pas mengkonsumsi buah pisang. Pisang bukan hanya memiliki rasa yang manis, namun juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dengan mudah diserap dan di optimalkan menjadi tenaga oleh tubuh. Ini juga yang menjadikan pisang unggul di antara makanan sumber energi lainnya. Penelitian juga membuktikan pisang dapat meningkatkan mood yang sedang buruk.

• Telur
Makanan kedua adalah telur. Bukan rahasia lagi telur merupakan makanan favorit bagi atlit binaragawan. Hal ini dikarenakan telur merupakan sumber protein yang tinggi. Protein sangat dibutuhkan atlet agar bisa melatih otot dengan baik dan dapat menambah massa otot dengan tepat. Saat makan telur, Anda bisa mendapatkan nutrisi yang diperlukan otot agar bisa berlatih dengan maksimal.

• Sayuran hijau
Makanan yang selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau sanat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas karena proses oksidasi terus-menerus di dalam tubuh pada saat olahraga. Sayuran hijau juga mengandung serat serta vitamin K yang dapat menguatkan dan menjaga kepadatan tulang, menurunkan kolesterol serta membuat perut tidak cepat lapar pada saat berolah raga.

• Oatmeal
Makanan yang terakhir yang dapat menunjang pada saat berolah raga adalah oatmeal. Makanan padat seperti gandum dan oatmeal ini dapat dijadikan sarapan yang baik pada saat berolah raga karena mengandung kaya akan karbohidrat. Selain itu oatmeal memiliki kandungan kalori yang rendah namun kaya akan kandungan serat, hal ini dapat membantu tubuh untuk membakar kelebihan lemak di tubuh sekaligus melatih otot secara maksimal.

Nah itu lah beberapa makanan yang dapat kita konsumsi guna menunjang pada saat kita berolah raga agar lebih maksimal lagi. Semoga bermanfaat.

sumber : www.sportanddev.org

Khasiat Makan Coklat untuk Kesehatan

Manfaat Coklat
Manfaat Coklat

Belum terlalu banyak orang yang mengetahui khasiat makan coklat. Faktanya, memang banyak orang yang senang makan coklat, tetapi kegiatan mengkonsumsi tersebut dilakukan karena rasa coklat yang memang enak. Coklat bisa diolah menjadi berbagai macam hal. Dari makanan hingga minuman, semuanya bisa mengandung coklat. Bisa dibilang makanan yang satu ini cukup multifungsi karena bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk. Lantas bagaimana dengan manfaatnya? Tentu saja coklat memiliki banyak manfaat. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, coklat malah bisa jadi merugikan. Karena rasanya yang manis, coklat seringkali menimbulkan obesitas alias kelebihan berat badan. Maka dari itu konsumsi coklat harus tetap dikontrol.

Merasakan Khasiat dari Makan Coklat
Sebelum lebih lanjut membahas tentang khasiat makan coklat, ada baiknya jika anda mengenal sedikit mengenai makanan manis yang satu ini. Coklat memang memiliki rasa manis yang khas dan bisa membuat siapa saja menjadi ketagihan. Coklat mengandung 14% karbohidrat, 9% protein, 31% lemak, dan zat-zat lain yang menyebabkan coklat terasa pahit. Coklat sendiri berasal dari tanaman kakao yang kaya akan flavonoid. Meskipun kedengarannya sederhana, tetapi dengan mengkonsumsi coklat yang mengandung flavonoid bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan sistem tubuh.

Salah satu khasiat makan coklat yang baik adalah meningkatkan produksi insulin. Baru-baru ini ada penelitian yang menunjukkan bahwa resistensi insulin menurun secara signifikan pada mereka yang mengkonsumsi coklat hitam. Konsumsi coklat pun ternyata dapat mempengaruhi peningkatan aliran darah. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat. Flavonoid ini juga ditemukan pada anggur. Selain itu ternyata coklat dapat mengraungi resiko serangan jantung. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lambat pada orang yang makan cokla, dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini menjadi sangat penting. Karena saat trombosit mengalami pembekuan, dapat terbentuk blok bekuan dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung. Tentunya bukan menjadi rahasia lagi bahwa serangan jantung dapat menyebabkan kematian.

Pada dasarnya, coklat merupakan bahan makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi. Tapi ternyata coklat berguna untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa coklat hitam dapat memberikan rasa kenyang. Khasiat makan coklat hitam yang dapat membuat merasa kenyang ini ditemukan juga pada jambu biji dan apel. Sehingga hal ini pun cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Selain itu, coklat juga dapat mengatasi diare. Sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16 telah melakukan pengobatan diare dengan menggunakan kakao. Lalu hal tersebut diperkuat dengan penelitian ilmu pengetahuan modern. Kandungan flavonoid dalam kakao ini berguna untuk mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

Mungkin sudah bukan hal yang asing lagi bahwa coklat bisa membuat mood terasa lebih baik. Jika sedang merasa stress, coklat dapat membuat diri anda merasa lebih baik. Selain itu coklat juga meningkatkan kekuatan otak. Kondisi ini telah ditemukan dalam penelitian. Kandungan flavonoid dapat meningkatkan aliran darah ke bagian-bagian kunci otak selama 2 sampai 3 jam. Sehingga bisa meningkatkan kinerja serta kewaspadaan otak dalam jangka pendek. Khasiat makan coklat yang lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata, mengurangi resiko kanker, serta menghaluskan kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa coklat hitam dapat mengatasi kelelahan berlebihan pada orang dewasa. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa tidak ada kenaikan berat badan yang dialami oleh para pesertanya. Para peneliti mempercayai bahwa coklat mampu meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin yang mampu membantu mengatur suasana hati dan tidur. Tetapi penelitian masih terus dilakukan mengenai hal ini. Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi konsumsi coklat yang berlebihan juga bisa merugikan. Salah satunya adalah bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Akibat tingginya lemak dalam coklat. Maka dari itu konsumsi coklat masih harus pada tahap sewajarnya. Jika memang coklat mau dimanfaatkan sebagai pengobatan, tetaplah mengacu pada aturan yang berlaku. Demikianlah sedikit informasi tentang manfaat dan khasiat makan coklat.

sumber : www.womenshealthmag.com