Gambar Marah
Gambar Marah

Emosi yang meluap luap akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri dan akan berdampak buruk pula pada lingkungan sekitar kita. Pada saat keadaan marah dan emosi berada dalam kondisi puncaknya, setiap hal yang dilakukan pasti terasa selalu salah dan sangat menjengkelkan. Para peneliti dan ahli menyimpulkan terdapat beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan ketika anda sedang kondisi marah.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya jangan lakukan ketika dalam kondisi marah

1. Tidur Dalam Keadaan Marah
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan dituangkan dalam Journal of Neuroscience, tidur yang cukup dan baik dapat memperkuat memori atau daya ingat, terutama memori yang selalu berhubungan dengan emosional. Penelitian tersebut pun telah menunjukkan bahwa tidur dapat membuat emosi negatif dalam diri anda.

Allen Towfigh MD, seorang neurolog dan dokter spesialis pengobatan tidur mengungkapkan bahwa tidur bisa membantu memproses serta mengonsolidasikan informasi yang diterima sebelum tidur. Hal ini pada akhirnya dapat menjadikan bahwa tidur setelah bertengkar atau meninggalkan jejak dalam kondisi emosi dapat membuat anda akan mengingat kembali dan ketika anda bangun tidur anda masih mengalami emosi yang sama seperti sebelum anda tertidur.

2. Mengemudi Kendaraan
Hal lainnya yang sebaiknya jangan dilakukan dalam kondisi marah mengemudi. Hasil riset telah membuktikan bahwa mengemudi dalam kondisi sedang marah lebih memiliki resiko yang besar untuk terjadi kecelakaan. Seorang psikolog klinis, David Narang PhD, mengungkapkan bahwa pada saat anda dalam kondisi marah, anda berisiko terhadap aksi negatif menyerang, oleh sebab itu sebaiknya jangan mengemudi dalam kondisi marah.

Narang juga menambahkan bahwa amarah dapat membuat seseorang hanya melihat lurus ke depan saja. Si pengemudi yang sedang marah bisa saja tidak melihat kendaraan lain di sekitarnya yang berasal dari kanan atau kiri bahkan pejalan kaki yang melintas. Kondisi ini sering terjadi pada pengemudi dalam kondisi marah dan sering dinamakan dengan tunnel vision.

3. Makan
Menurut pendapat seorang ahli yang bernama Kathy Gruver PhD, mengatasi marah dengan makan adalah sangat tidak baik bagi tubuh kita. Ia mengatakan bahwa pada saat kondisi marah, kita lebih mengarah pada pemilihan makanan yang tidak sehat untuk tubuh. Gruver pun menambahkan, penelitian nya menunjukan apa bila seseorang marah dia lebih jarang memilih untuk mengkonsumsi sayur sayuran yang kita ketahui menyehatkan untuk tubuh kita.

Sebaliknya, yang sering dipilih biasanya adalah makanan-makanan yang memiliki tingkat tinggi akan karbohidrat, gula, dan lemak. Selain itu, makan ketika marah menyebabkan sistem pencernaan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya, dan hal ini dapat menyebabkan penyakit diare.

Nah itulah beberapa hal yang jangan pernah anda lakukan ketika anda dalam kondisi marah. Karena dampaknya tidak baik bagi kehidupan anda dan orang disekitar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *