Manfaat Coklat
Manfaat Coklat

Belum terlalu banyak orang yang mengetahui khasiat makan coklat. Faktanya, memang banyak orang yang senang makan coklat, tetapi kegiatan mengkonsumsi tersebut dilakukan karena rasa coklat yang memang enak. Coklat bisa diolah menjadi berbagai macam hal. Dari makanan hingga minuman, semuanya bisa mengandung coklat. Bisa dibilang makanan yang satu ini cukup multifungsi karena bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk.

Lantas bagaimana dengan manfaatnya? Tentu saja coklat memiliki banyak manfaat. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, coklat malah bisa jadi merugikan. Karena rasanya yang manis, coklat seringkali menimbulkan obesitas alias kelebihan berat badan. Maka dari itu konsumsi coklat harus tetap dikontrol.

Merasakan Khasiat Makan Coklat untuk Kesehatan

Sebelum lebih lanjut membahas tentang khasiat makan coklat, ada baiknya jika anda mengenal sedikit mengenai makanan manis yang satu ini. Coklat memang memiliki rasa manis yang khas dan bisa membuat siapa saja menjadi ketagihan.

Coklat mengandung 14% karbohidrat, 9% protein, 31% lemak, dan zat-zat lain yang menyebabkan coklat terasa pahit. Coklat sendiri berasal dari tanaman kakao yang kaya akan flavonoid. Meskipun kedengarannya sederhana, tetapi dengan mengkonsumsi coklat yang mengandung flavonoid bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan sistem tubuh.

Salah satu khasiat makan coklat yang baik adalah meningkatkan produksi insulin. Baru-baru ini ada penelitian yang menunjukkan bahwa resistensi insulin menurun secara signifikan pada mereka yang mengkonsumsi coklat hitam. Konsumsi coklat pun ternyata dapat mempengaruhi peningkatan aliran darah. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat.

Flavonoid ini juga ditemukan pada anggur. Selain itu ternyata coklat dapat mengraungi resiko serangan jantung. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lambat pada orang yang makan cokla, dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini menjadi sangat penting. Karena saat trombosit mengalami pembekuan, dapat terbentuk blok bekuan dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung. Tentunya bukan menjadi rahasia lagi bahwa serangan jantung dapat menyebabkan kematian.

Pada dasarnya, coklat merupakan bahan makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi. Tapi ternyata coklat berguna untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa coklat hitam dapat memberikan rasa kenyang. Khasiat makan coklat hitam yang dapat membuat merasa kenyang ini ditemukan juga pada jambu biji dan apel.

Sehingga hal ini pun cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Selain itu, coklat juga dapat mengatasi diare. Sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16 telah melakukan pengobatan diare dengan menggunakan kakao. Lalu hal tersebut diperkuat dengan penelitian ilmu pengetahuan modern. Kandungan flavonoid dalam kakao ini berguna untuk mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

Mungkin sudah bukan hal yang asing lagi bahwa coklat bisa membuat mood terasa lebih baik. Jika sedang merasa stress, coklat dapat membuat diri anda merasa lebih baik. Selain itu coklat juga meningkatkan kekuatan otak. Kondisi ini telah ditemukan dalam penelitian. Kandungan flavonoid dapat meningkatkan aliran darah ke bagian-bagian kunci otak selama 2 sampai 3 jam. Sehingga bisa meningkatkan kinerja serta kewaspadaan otak dalam jangka pendek. Khasiat makan coklat yang lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata, mengurangi resiko kanker, serta menghaluskan kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa coklat hitam dapat mengatasi kelelahan berlebihan pada orang dewasa. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa tidak ada kenaikan berat badan yang dialami oleh para pesertanya. Para peneliti mempercayai bahwa coklat mampu meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin yang mampu membantu mengatur suasana hati dan tidur.

Tetapi penelitian masih terus dilakukan mengenai hal ini. Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi konsumsi coklat yang berlebihan juga bisa merugikan. Salah satunya adalah bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Akibat tingginya lemak dalam coklat. Maka dari itu konsumsi coklat masih harus pada tahap sewajarnya. Jika memang coklat mau dimanfaatkan sebagai pengobatan, tetaplah mengacu pada aturan yang berlaku. Demikianlah sedikit informasi tentang manfaat dan khasiat makan coklat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *