pantangan ibu hamil
Banyak makanan yang menjadi pantangan apabila kita dalam keadaan sakit tergantung dari jenis penyakit yang dideritanya. Hal ini pun berlaku pula pada saat kondisi sedang hamil. Pada saat sedang hamil sangat penting untuk menghindari pantangan pantangan makanan yang tidak boleh dimakan selain itu yang pasti diwajibkan untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Dalam keadaan hamil anda harus rajin berkonsultasi pada dokter untuk memperhatikan tumbuh kembang si janin serta beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Pastikan asupan gizi yang dibutuhkan untuk ibu dan janin terpenuhi.

Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil yang Wajib Dihindari

1. Telur Mentah atau Setengah Matang
Telur mentah atau setengah matang merupakan makanan yang wjaib dihindari bagi ibu hamil. Mungkin beberapa orang menyukai telur mentah untuk jamu atau telur setengah mentah sering dikonsumsi khususnya bagi mereka yang memerlukan protein tinggi, namun beda halnya bagi ibu hamil. Telur mentah mengandung zat salmonella yang dapat menyebabkan kram, mual, diare dan demam atau dalam kasus yang jarang, bahkan dapat menyebabkan keguguran. Apabila ibu hamil menginginkan mengkonsumsi telur sebaiknya dimasak hingga matang

2. Keju Lunak
Keju lunak juga harus dihindari pada saat kondisi sedang hamil. Jika ingin mengkonsumsi keju sebaiknya dimasak dan makan selagi dalam kondisi panas.

3. Daging Mentah
Aapbila anda penyuka daging mentah, sebaiknya Anda harus melupakan makan daging setengah matang pada saat anda sedang hamil. Daging mentah beresiko mengandung zat Salmonella, makanan ini juga dapat menyebabkan Toxomoplasis. Selama masa kehamilan, Toxomoplasis dapat beresiko terjadinya kerusakan otak pada janin.

4. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji tidak saja harus dihindari bagi orang yang menjalankan program diet, namun bagi ibu hamil makanan cepat saji wajib dibuang. Untuk wanita hamil, makanan cepat saji dapat menyebabkan flu. Tetapi jika listeria ditransmisikan ke bayi yang belum lahir, dapat mengakibatkan keguguran atau persalinan prematur.

5. Seafood
Ikan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh dikarenakan Ikan laut mengandung asam lemak omega 3 3 yang penting baik untuk ibu hamil. Namun ada beberapa jenis ikan tertentu yang terdapat kandungan kadar merkuri yang tinggi. Beberapa jenis ikan tersebut adalah seperti Catfish, ikan todak, Broadbill, Sea Perch, Southern Blue Fin Tuna dan Deep Sea Perch . Kadar merkuri yang tinggi pada ikan ini dapat menghambat tumbuh kembang janin pada saat dalam perut.

Nah itulah Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil dan kesehatan bagi si calon buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *